Sabtu, 26 Desember 2009

GAMBARAN PUSKESMAS GINTU

Puskesmas Gintu adalah salah satu Pusat Kesehatan Masyarakat yang berada didaerah terpencil, yang memiliki akses transportasi yang masih sulit dengan jalan darat yang masih kurang memadai, dimana dapat ditempuh dari kecamatan tetangga (kecamatan Pamona Utara) dengan jarak tempuh sekitar 70 km dengan waktu tempuh sekitar 5 - 6 jam dengan kendaraan roda empat dan roda dua.
Wilayah kerja Puskesmas Gintu terdiri dari delapan desa yaitu Desa gintu, desa bewa, desa Pada, desa Bomba, desa Bulili, desa Bakekau, Desa Badangkaia dan desa Runde. yang kesemuanya merupakan wilayah dari kecamatan Lore Selatan, Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. Penduduk di wilayah ini berkisar 5.544 jiwa, dengan yang terdiri dari 2.885 jiwa laki - laki dan 2.659 jiwa perempuan, dimana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani sawah dan ladang.
Sebagai satu - satunya fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah kecamatan Lore Selatan, Puskesmas Gintu merupakan Puskesmas Perawatan dengan 10 tempat tidur, namun demikian jumlah kunjungan pasien rawat inap sangat kurang, yang kemungkinan disebabkan oleh tidak adanya tenaga dokter di Puskesmas ini.
Dalam melaksanakan tugas pelayanan di bantu dengan keberadaan Puskesmas Pembantu, yaitu Pustu Bomba, Pustu Badangkaia dan Pustu Bulili, yang di tempati oleh bidan desa, namun demikian Pustu Bulili sampai saat ini belum ada tenaga kesehatan yang menetap di desa tersebut, baik Bidan maupun Perawat. di beberapa desa juga telah dibangun Poskesdes yang ditempati oleh Bidan desa, yaitu Poskesdes Pada, Bewa, Bakekau, Badangkaia dan Runde. Dari segi anggaran Puskesmas Gintu diberikan PAGU anggaran untuk Tahun 2010 dari Dana Alokasi Umum Kabupaten Poso sebesar Rp.118.750.000.-, di tambah lagi sumber dana lain seperti Jamkesmas, Askes dan sumber lain.

Hormat Kami,
penulis


Opyn Mananta, SKM
Epidemiolog Ahli


Tidak ada komentar:

Posting Komentar